Selasa, 08 Juni 2010

Bagi Anda yang suka mendengarkan musik menggunakan perangkat mp3 player mungkin sering bertanya-tanya : bagaimana cara mengubah musik berformat video/mpeg/dat menjadi file musik berformat mp3. Berikut saya hadirkan trik sederhana untuk mengubah file musik berformat video, khusunya dari .flv menjadi mp3.
Pertama-tama diperlukan software video audio converter yang banyak didapat secara gratis di internet. Dalam hal ini saya gunakan 2 (dua) freeware : (1) ImTOO Video to Audio Converter, dan (2) Smart Audio Converter. Freeware pertama dapat Anda cari di paman google atau langsung ke websitenya : http://www.imtoo.com. Sedangkan freeware kedua dapat didownload di http://www.smartaudioconverter.com. Install kedua freeware tadi di komputer Anda.
Langkah berikutnya adalah mencoba mengkonversi file video berformat .flv ke .mp3. Pertama buka freeware ImTOO Video to Audio Converter yang sudah terpasang. Lalu klik tombol Add untuk mencari lokasi file .flv berada. Klik Profile dan pilih Microsoft WMA Format (*wma). Tentukan lokasi file di folder tertentu dengan mengklik Destination, setelah itu klik Encode, proses konversi pun akan berjalan dalam beberapa detik. Untuk mengetest hasilnya, buka file .wma yang baru saja dikonvert memakai software pemutar audio/video seperti Windows Media Player. Jika berhasil, file tersebut dapat didengarkan secara sempurna tanpa ada suara berisik atau noise.
Selanjutnya, di langkah berikutnya, Anda buka freeware Smart Audio Converter. Buka file .wma yang barusan Anda buat dengan mengklik tombol + lalu pilih format .mp3 di kolom Select Output Format. Tentukan lokasi file hasil konversi di kolom Output Folder, dan terakhir klik tombol Convert. Maka..”cringg” …file .wma Anda akan berubah menjadi .mp3 yang kemudian dapat dicopy ke perangkat pemutar file mp3. Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar